Jumat, 25 Maret 2011

Advertising Agency

Advertising agency



                Untuk perusahaan advertising yang besar,nggak jauh beda denga perusahaan lain,mereka punya divisi finance,divisi SDM dsb.hanya bedanya periklanan memiliki tambahan creative division(yang terdiridari art director,copy writer dan creative director),media division( yang terdirimedia planner dan media buyer), client service (yang terdiri account executive,account director) dan strategic planner
A.Creative division
    art director bertugas merancang dan memberi arah dari sebuah iklan,seorang art directorbiasanya memiliki tim yang terdiri dari visualier(yang bertugas menerjemahkan       gagasan copywriter dalam bentuk visual),tenaga layout(yang mengubah hasil visuali
sasi menjadi iklan dalam ukuran sebenarnya) dan seorang tipografer(pakar huruf)
sedang copywriter bertugas membuat kalimat kalimat iklan
yang menarik.Ia harus
pandai mengubah kalimat kalimat penjualan menjadi gagasan
penjualan yang persuasif,menciptakan tema,dan harus mampu
mengarang sebaris kata atau kalimat yang
menggugah minat serta hasrat calon konsumen.Hmmm…tantangan,tuh! Nah,creative director merupakan bos mereka.
B.Media Division
ada dua fungsi dalam divisi ini yaitu
         1.Media planner di tuntut mempunyai pengetahuan mendalam tentang cakupan dan bobot dari berbagai media yang ada.Entah itu media cetak,media elektronik dan ribuan
tempat iklan lainnya,baik iklan outdoor,iklan transportasi dsb.Ia bertugas membuat
perencanaan dari sebuah bujet.Misalnya saja sebuah perusahaan yang memiliki bujet
x rupiah,maka dengan sejumlah dana itu,media planner akan menyesuaikan di mana
iklan itu akan di pasang.
         2.Media buyer bertugas merundingkan pembelian ruangan atau waktu siaran iklan.Ia di tuntut mampu mencari tempat dan waktu terbaik pada rate/tarif media
yang paling menguntungkan.Ia juga harus mempunyai hubungan baik dengan berbagai
media yang biasanya kerap mengirimi proposal dan mendorong media buyer untuk mengunakan media mereka.
         C.Client Service
Divisi yang terdiri dariAccount Executive(AE) dan Account Director(AD) ini fungsi utamanya bertugas memanage klien.
            1.Account Executive bertugas menangani hubungan antara biroiklan,pemasang iklan dan media,serta perundingan perundingan yang berlangsung di antara ketiga belah pihak tersebut.
            2.Account Director bertanggung jawab atas sekelompok klien dan membawahi beberapa AE. Tanggung jawabnya meliputi memimpin perundingan,mengatur kebijakan dan mengenai karakteristik klien tertentu yang akan di terima atau di prioritaskan oleh biro iklan dan ikut bertanggung jawab pula soal laba-rugi perusahaan.
              D.Strategic Planner
bertugas merancang strategi iklan.seorang strategic planner dan tim-nya harus melakukan survei di lapangan mengenai konsumen dari produk yang di maksud,competitor survey,kemudian merancang strategi komunikasinya misalnya sebuah produk akan di luncurkan sebagai makanan camilan rendah kolesterol untukorang dewasa berusia di atas 35 tahun yang sudah harus menjaga kesehatannya lebih baik,ini konsep yang di rancang oleh strategic planner.

Mau Penghasilan Tambahan Klik Disini...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar