Jumat, 30 Maret 2012

For My SCORPIO Z

Alternatif Rantai Yamaha Scorpio

rantai-scorpio-2
Rantai(CHAIN) OEM Yamaha Scorpio yang memiliki kode spare part 94581-90118 memang dikenal handal. Dengan mengusung tipe 428V panjang 118 mata diproduksi tanpa menggunakan sambungan. Untaian kokoh tanpa sambungan telah membuat rantai ini sangat kuat dan nyaris jarang ada yang putus saat berputar. Memang rantai ini diperuntukan untuk tipe Sport diatas 250cc. Keunggulan lainnya yaitu terletak pada konstruksinya yang telah mengadopsi o-ring di setiap mata rantainya.  O-ring ini mampu meredam gesekan yang terjadi saat rantai berputar cepat. Sehingga noise yang ditimbulkan akibat gesekan tersebut hampir nyaris tidak terdengar gemericiknya. Disisi lain, o-ring ini ternyata mampu menahan pelumas rantai agar tidak mudah lepas saat rantai berputar. Bila dilakukan perawatan secara berkala dengan baik, rantai ini mampu berumur panjang. Tak jarang motor Scorpio keluaran lawas pun masih banyak menggunakan rantai bawaannya.
Dibalik sederet keunggulan yang disuguhkan, memang tidak salah bila harga rantai ini cukup mahal. Berdasarkan Price List resmi yang dikeluarkan oleh pihak pabrikan Yamaha per 1 Feb 2010, Rantai ini memiliki harga eceran resmi yaitu Rp. 670,000. Dhasyattt…….bandingkan dengan produk-produk rantai lainnya yang masih bermain dikisaran Rp.350,000 ke bawah.
Bagi rekan-rekan bikers penunggang sang Kalajengking, berikut informasi yang bisa menjadi alternatif ataupun menjadi substitusi part pengganti rantai original. Dipastikan cukup berguna disaat kantong sedang tidak bersahabat……….. Namun jangan asal pilih Bro, karena rantai memiliki SPESIFIKASI STANDAR untuk tiap-tiap motor. Japan Chain Association Standard (JCAS) salah satu yang membuat spesifikasi standar untuk tiap rantai yang disesuaikan dengan kebutuhan motor.
a, ALTERNATIF 1: Beli Rantai Meteran……..
rantai
Bagi bikers yang senang berburu harta karun “perkakas bengkel dkk-nya” keberadaan LINDETEVES TRADE CENTER Glodok sudah tidak asing lagi deh…….silakan berburu disitu. Banyak penjual Rantai Meteran sesuai kebutuhan. Dihitung per jumlah mata rantai yang diperlukan. Harga per-mata rantai kualitas bagus cukup bervariasi mulai dari Rp.2000-an. Tanyakan ke pedege-nya yang punya speksifikasi terbagus. Umumnya berkode SB (= Solid Bush),  H (= Heavy Duty), atau HO (= Heavy Duty and O-ring). Yang perlu di-INGAT……. Rantai Scorpio berukuran 428 – 118 mata. Sebut saja per mata Rp.2000 x 118 mata = Rp.236,000………Jauh lebih murah kan? hanya 35%nya harga rantai original.
Selain di LINDETEVES, Bro and Bri bisa sambangi juga TOKO POLARIS (Ph.021-6251404) Kebon Jeruk III Kota. Mereka menjual Rantai meteran bermerk TK JAPAN. Rantai ini ada 2 tipe yang 428H dan 428HO, mantebnya ada beberapa warna bisa pilih GOLD atau SILVER. Harga Rantai TK 428HO dijual permata sekitar Rp.2500.
b ALTERNATIF 2: Substitusi Motor Lain
Selain merujuk rantai meteran, bro and bri juga bisa melirik rantai motor lain. Namun memang tidak ada rantai substitusi yang memiliki panjang yang sama dengan Scorpio. Jadi solusinya, potong bila rantai yang dibeli kepanjangan beberapa mata.Berikut rantai substitusi motor lain yang bisa dipilih:
  • Kawasaki Ninja 428H-122
  • Kawasaki Eliminator 428H-128
  • Honda CBR 150 428H-126
  • Bajaj Pulsar 180 428H-124
  • Kymco Spike 428H-120
  • Suzuki satria FU 428H-122
  • Suzuki RGR 428H-124
  • Suzuki Satria 120R 428-128
Nah, tinggal dipilih deh usahakan menggunakan hak piliknya pada tipe 428H. Sebagai informasi 1 contoh saja, rantai Kawasaki Eliminator dihargai Rp.170,000……….murah kan?? Kualitas ?? Pasti OKE PUNYA lah namanya juga rekomendasi pabrikan. Tinggal potong sesuai kebutuhan Scorpio yang hanya 118 mata. Beres deh……….
Info ini penting juga loh, buat Bro n Bri yang mau modif Scorpio pake gir besar Uk diatas 46 karena pasti butuh rantai lebih panjang atau yang mau modif si Kalajengking pakai swing arm limbah yang rata-rata lebih panjang dari punya Yamaha Scorpio.
c. ALTERNATIF 3: Rantai Variasi Berkualitas
Sekarang sudah cukup banyak rantai versi Variasi/aftermarket yang berkualitas tinggi. Sebut saja rantai Daytona, rantai SINNOB dan masih banyak lagi. Umumnya sudah dijual dalam panjang yang memang diperuntukan untuk Yamaha Scorpio. Jadi tidak perlu repot untuk potong-potong. Enaknya lagi, umumnya dijual dalam 1 paket beserta sprocketnya…….mantebkan. Contoh produk unggulan Daytona, Kode AO395 Gold Chain & Steel Sprocket Set Rp.250,000 atau AO409 Gold & Alumunium Sprocket Set Rp.450,000 (per April 2010). Atau Rantai SINNOB dijual dalam 1 paket termasuk Sprocket depan dan belakang, untuk Yamaha Scorpio ada 2 jenis Sinnob Premium Rp.650,000 dan Sinnob Comfort Rp.550,000
SARAN:
  • Lakukan perawatan rantai berkala. Sebagus apapun rantai motor kalo tidak dirawat cepat rusak bro. Ujung2nya nyusahin kalo putus rantai saat dijalan/turing, mendingan putus cinta ….uhahahahahaaha. Gunakan Chain Lube/Wax, mau yang murmer beli tuh OLI GARDAN SAE 90 Rp.10,000 bisa dapat 1/2 liter apalagi kalo bisa rayu si LAE.
  • Bawa Sambungan Rantai cadangan. Selalu simpan 1 or 2 sambungan rantai baru dibawah jok. Bila putus di tengah jalan minimal hati tenang karena sambungan rantai ready……..(pengalaman pribadi neh…hihihihi)
  • Sekalian ganti Sprocket depan dan belakang. Disarankan ketika ganti rantai ganti juga sprocket (Gir) nya bro n bri…
Info ini hanya sekedar memberikan solusi kepada rekan-rekan bikers yang sedang cari alternatif dikala cekak atau dicekik ibu negara dirumah hehehehe……… Namun rantai OEM Scorpio masih diatas angin lah alias ajibbbbbbbb

Karburator PE 28 di Yamaha Scorpio

Sebenarnya ulasan tentang Karburator alternatif pengganti karburator tipe Vacuum di Yamaha Scorpio sudah sering diulas dibeberapa media cetak. Namun kami coba merefresh kembali ulasan ini sebagai informasi bagi rekan-rekan yang mungkin terlewat atau yang kebetulan sedang cari informasinya.
Yamaha Scorpio dari pabrikannya memang mengadopsi karburator tipe Vacuum yang dikenal efisien. Cara kerjanya beda dengan Karbu konvensional pada umumnya. Pada Karburator tipe Vacuum, gerak naik turunnya skep dimainkan oleh karet membran yang punya bahasa kerennya yaitu DIAPRAGHM (code: 5BP-14940-00) Gbr. 1 Part no.18. Beda dengan konvensional, dimana naik turunnya skep langsung digerakan oleh tarikan kabel throttle.
carburetor-scorpio1
Karburator tipe vacuum sangat mengharuskan kebersihan udara yang masuk. Sehingga tidak disarankan filter udara dilepas bila menggunakan karbu vacuum. Kebersihan filter pun perlu dijaga. Kenapa demikian? karena bila udara yang masuk membawa partikel debu. Selain akan menutup lubang-lubang main jet/pilot jet. Partikel debu itupun rentan menggores dinding skep yang terlapis lapisan teflon hitam. Selain partikel debu, akibat umur pemakaian pun dinding skep berlapis ini lama kelamaan akan tergores. Akibatnya ke-vacuum-an menjadi berkurang, sehingga naik turunnya skep tidak lagi sempurna. Dampak yang terasa adalah motor terasa “endut-endut” an disaat RPM rendah. Yang bikin “bete” disaat jalan macet, seperti naik kuda karena motor tidak berjalan mulus di RPM rendah.
Selain skep yang tergores akibat kotoran/partikel debu, umur pemakaian dan penangan yang salah saat melakukan service seringkali membuat membran Vacuum tergores dan robek. Bila robekan karet Vacuum kecil selubang jarum, masih bisa diakali dengan tetesan lem powerglue sedikit saja asal menutup lubang tsb. Tujuannya agar ke-vacuum-an tetap bisa diperoleh. Yang akan membuat kerja naik turun skep tidak terpengaruh.
Namun bila kedua part tersebut yaitu Skep yang tergores parah (hilangnya lapisan teflon hitam) dan karet vacuum yang berlubang bahkan robek. Fungsi karburator dijamin tidak lagi sempurna. Motor tidak enak untuk dibawa pada RPM rendah, bensin jadi boros sehingga tidak lagi efisien. Bila sudah demikian tidak ada pilihan lain selain LEM BIRU “lempar beli baru”. Namun jangan kaget bro saat memutuskan untuk beli baru. Part yang ber nomor urut 18 dalam gambar di atas, memiliki harga jual senilai Rp.671,000 per 1 Feb 2010. Alternatif lain, mengganti karet membran dengan produk KW alias imitasinya seperti yang diulas dalam web ini juga hanya seharga 10% dari harga original. Namun hanya dapat karetnya saja tidak berikut skep-nya. Tapi tetap saja, hasilnya masih jauh dari kesempurnaan.
Bukan orang Indonesia namanya bila tidak punya solusi. Alternatif lain adalah mengganti Karburator 
dengan tipe lain. Ada
 karbu-pe28

beberapa Karburator yang dijadikan alternatif pilihan. Misalkan Karburator Rx King berventuri 26, Karbu NSR SP PE28, PWK, PWL dsb. Kembali semua kepada urusan kantong, kemudahan pemasangan dan penyetingan.
Dari acuan di atas, pilihan banyak dijatuhkan kepada Karburator tipe PE 28. Namun karena sangat laris dipasaran, produk ini banyak versinya. Dari versi original masih dikisaran 2 juta lebih, versi Thailand sekitar 500-600rb atau versi cungko dibawah 500rb. Tentunya “ono harga ono rupo” kata wong jawi….. Nanti disesi lain akan kami berikan tips mencirikan mana produk asli, mana yang Thailand dan mana yang cungko.
Karbu PE 28 Thailand banyak yang menjadi pilihan. Selain harga masih relatif terjangkau, barang mudah ditemui dipasaran, dan setingnya masih cukup relatif mudah. Untuk bisa men”cangkok” sang PE 28 di intake manifol Yamaha Scorpio perlu dibuatkan karbu-pe28-di-scorpio1
adaptor. Fungsinya agar mangkuk karbu tidak mentok dengan starter elektric Yamaha Scorpio. Ketebalan adaptor sekitar 1-1.5cm dengan bahan terbuat dari alumunium. Namun perlu diingat, saat membuat adaptor perlu dibuatkan untuk pemasangan o-ring seperti halnya yang terdapat pada intake manifold. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kebocoran.
karbu-pe28-di-scorpio2
Karbu PE 28 cukup diminati, karena sistem konvensional diakui memiliki tingkat responsifitas yang cukup tinggi dibanding model Vacuum. Paling disukai oleh para rider yang suka kecepatan. Naik turun skep dimainkan oleh tarikan kabel gas akibat buka-tutup grip throttle. Walau diakui bahwa walau pemasangan relative mudah, namun butuh setingan yang pas agar enak dipakai untuk harian. Penggantian “jetting” untuk main jet dan pilot jet menjadi suatu keharusan. Disini yang terkadang membuat sebagian orang putus asa. Karena motor menjadi boros, akibat tidak diperoleh keakuratan setingan karbu. Memang untuk setingan karbu yang benar adalang menggunakan alat guna mengukur AFR (Air Fuel Ratio) sehingga bisa dengan tepat menentukan perbandingan antara Udara dan Fuel/Bensin.
Namun untuk memudahkan acuan seting, ada yang memperoleh setingan yang pas pada ukuran mainjet 115 dan pilot jet 42 dengan putaran airscrew, satu seperempat setelah diputar mentok ke kanan. Tentunya kondisi motor masih dalam keadaan standar alias belum dioprek seperti polish dsb. Sehingga bila sudah mengalami perubahan, tentunya akan beda lagi setingan tersebut sesuai kebutuhan mesin.

Silakan bereksperimen demi memuaskan hasrat meng-oprek sang kalajengking

Source : Untuk Lebih detail dateng aja lansung ke TKP YAMAHA SCORPIO CLUB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar